IMPLEMENTASI PENGOLAHAN CITRA DAN GRAFIK KOMPUTER
PENGOLAHAN CITRA
Merupakan cabang dari ilmu komputer yang digunakan untuk melakukan transformasi untuk mengubah suatu grafik atau gambar menggunakan teknik tertentu.
Citra merupakan gambar dua dimensi yang dihasilkan oleh gambar analog dua dimensi
OPERASI PENGOLAHAN CITRA
Operasi dilakukan untuk mengtrasformasikan suatu citra menjadi citra lain dengan tujuan transformasi maupun cakupan operasi yang dilakukan terhadap suatu citra
dapat dikategorikan sebagai berikut :
- peningkatan kualitas suatu citra adalah untuk peningkatan suatu kualitas dalam suatu citra
- pemulihan suatu citra adalah pengembalian suatu kondisi pada citra pada kondisi yang sebelumnya tidak diketahui akibat adanya pengganggu yang menyebabkan turunnya kualitas suatu citra
- operasi titik citra dilakukan untuk setiap piksel pada citra yang hanya ditentukan oleh nilai dari piksel itu sendiri
- operasi area citra adalah piksel pada citra yang keluarannya dipengaruhi oleh piksel tersebut maupun piksel lainnya yang terdapat pada daerah piksel tertentu.
- operasi global yaitu operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya ditentukan oleh keseluruhan piksel yang membentuk citra
Merupakan bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar secara digital yang merajuk tentang segala sesuatu mengenai pemanipulasian gambar.
BIDANG PADA GRAFIK KOMPUTER
Grafik komputer juga dibagi beberapa bidang diantaranya :
- Geometri mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
- Animasi mempelajari cara penggambaran dan memanipulasi gerakan
- Rendering mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
- Citra(Imaging) mempelajari cara Pengambilan dan penyuntingan gambar
CONTOH APLIKASI PENGOLAHAN CITRA
- Bidang perdagangan seperti pengenalan huruf maupun angka dan pembacaan pada code di swalayan cara tersebut dapat membantu setiap para pekerja agar dapat mengetahui daftar harga dari barang yang dijual oleh swalayan tersebut
2. Bidang militer mengenai sasaran peluru kendali menggunakan sensor visual dengan cara tersebut dapat mengenai sasaran yang dituju oleh peluru agar tidak salah sasaran dan juga dapat mengenali jenis pesawat apa yang dipakai oleh musuh tersebut
3. Bidang hukum pengenalan foto narapidana agar para polisi tidak salah mengenali identitas dari 1 narapidana ke narapidana yang lain dan juga pengenalan sidik jari dari setiap napirapida yang ada agar dapat membedakannya identitas yang ada
4. Bidang kedokteran rekonstruksi foto janin hasil USG cara tersebut digunakan untuk melihat perkembangan serta tumbuh kembang janin pada kandungan sehingga dengan cara ini sangat berguna bagi bidang kedokteran
CONTOH PENERAPAN GRAFIK KOMPUTER
- Komputer ART adalah penggunaan komputer yang digunakan untuk menghasilkan karya karya seni yang dapat berupa foto, poster, lukisan abstrak, desain contohnya : adobe photoshop, corel pointer, dan GIMP
2. Virtual reality Adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada pada dunia maya oleh komputer maupun alat komunikasi yang lain dan data berinteraksi dengan objet dalam 3 dimensi contoh : Belajar panjat tebing dengan VR sebuah perusahaan bernama UNIFORMmengembangkan sebuah media belajar panjat tebing dengan tampilanVR. agar proses latihan panjat tebing menjadi lebih mudah dan mampu meningkatkan intuisi para peserta dalam mencari solusi memanjat.
3. Visualisasi data adalah gabungan dari seni dan sains dan dapat dikatakan seperti teknik penyajian data secara visualisasi melalui grafik, chart agar tampak lebih menarik dan data yang disajikan dapat tergambar lebih jelas.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pengolahan_citra
https://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar